Harga Kartu Undangan Pernikahan

Pernikahan merupakan moment yang sangat dinanti-nanti oleh calon mempelai. Berbagai macam persiapan pernikahan jauh-jauh hari harus dipersiapkan semaksimal mungkin agar pesta pernikahan nantinya bisa berjalan degan lancar tanpa halangan apapun. salah satu hal yang terpenting dalam persiapan pernikahan adalah pemesanan undangan pernikahan. undangan pernikahan umumnya dipesan setelah pasangan calon pengantin mendapatkan tanggal pernikahan yang telah disepakati oleh kedua belah pihak, baik dari pihak laki-laki maupun perempuan, tetapi ada juga calon pengantin memesan atau booking undangan terlebih dahulu kepada vendor / percetakan walaupun belum mendapatkan tanggal pernikahan. Jika calon pengantin sudah mendapatkan tanggal pernikahan yang telah disepakati bersama, kemudian mereka menginformasikannya kepada vendor udangan pernikahan. Hal ini dimaksudkan agar calon pengantin sudah punya pilihan vendor yang pasti, sehingga bisa mengurangi beban pikiran mereka terkait persiapan yang akan dilaksanakan mendatang.

Pemesaan undangan pernikahan memang sebaiknya harus dilakukan jauh-jauh hari sehingga tidak akan timbul perasaan was-was, kwatir dan tidak kemrungsung. Mengingat pembagian undangan kepada para tamu undangan yang diluar kota setidaknya satu bulan atau 3 minggu sebelum acara atau hari H harus sudah di bagikan, sedangkan untuk tamu undangan yang dari dalam kota dibagikan 2 minggu sebelum acara. Pemesanan undangan pernikahan diawali dengan melakukan survey. Survey yang harus dilakukan meliputi survey vendor / percetakan undangan, survey model/desain undangan pernikahan dan yang terahir adalah survey harga kartu undangan pernikahan. Survey vendor dimaksudkan untuk mencari informasi mengenai vendor tersebut, terutama informasi mengenai track recordnya. Hal ini sangat penting dilakukan. Vendor dimana anda akan memesan undangan pernikahan dipastikan memiliki track record yang bagus serta profesional dibidangnya. Untuk melakukan survey ini, calon pengantin bisa melihat profilnya di internet, lihat testimoni-testimoni kliennya, dan jangan lupa lihat portofolio atau hasil produk yang telah dibuat. Semakin banyak koleksi undangan pernikahan yang ada, kemungkinan besar vendor tersebut laris dan cukup berpengalaman dibidangnya. Dengan melakukan survey vendor, anda bisa menyeleksi percetakan mana yang bisa dipercaya / profesional serta mana yang kurang meyakinkan. Jangan sampai calon penganin  mendapatkan vendor yang kurang profesional yang nantinya bisa mengecawakan, seperti waktu jadi nya mundur dari deadline, hasil yang kurang rapi dan tidak sesuai dengan harapan.  Survey berikutnya adalah survey model desain undangan pernikahan. Survey ini dimaksudkan untuk mencari inspirasi atau ide undangan pernikahan yang di inginkan. Sekarang ini model undangan pernikahan sangat banyak sekali. Dan sebaik-baik model atau desain udangan pernikahan adalah undagan yang sesuai dengan tema pernikahan anda. Ketika melakukan survey ini sebaiknya anda telah menentukan dahulu tema pernikahan apa yang anda pilih. Menentukan tema pernikahan bisa berdasarkan banyak hal seperti adat (adat jawa, adat batak, adat dayak), warna gaun/baju pengantin yang dipakai,religi (tema islami,kristen,dsb) dan waktu  (klasik,moderen,kuno,vintage), lokasi resepsi (indor,garden party,dll).

Ada banyak cara untuk mendapatkan inspirasi ide undangan pernikahan, yang paling mudah adalah dengan mencarinya di internet seperti googling, cari di media sosial (facebook, instagram,pinterest,dsb) sebab sekarang ini banyak vendor/percetakan undangan pernikahan yang menjual koleksinya melalui media sosial. Survey yang terahir adalah survey harga undangan pernikahan. Jika anda telah menemukan model undangan yang anda inginkan, tahap selanjutnya adalah melakukan survey harga. Tanyakan harga undangan pernikahan tersebut untuk jumlah pemesanan sebanyak tamu undangan yang akan anda undangan. Umumnya sebagian besar vendor undangan pernikahan menerapkan sistem harga semakin banyak undangan yang dipesan, maka semakin murah pula harga undangan pernikahan tersebut. Jika anda sudah mendapatkan informasi harga undangan tersebut, anda jangan buru-buru langsung deal order. Coba tanyakan harga undangan pernikahan tersebut di vendor lainnya. Dari sini anda bisa membandingkan selisih harga dari tiap vendor. Bandingkan sedikitnya kepada 3 vendor yang terpercaya. Anda jangan fokus pada selisih harga per pcs nya, tapi coba kalkukasikanlah jika selisih harga tersebut dikalika sebanyak pesanan yang akan anda pesan. Misalnya vendor A menjualnya dengan harga Rp. 7000 untuk pemasanan 500 pcs, sedangkan Vendor B dengan produk dan spesifikasi yang sama menjualnya dengan harga Rp. 6000/pcs. Walaupun hanya selisih Rp.1.000/pcs nya tapi kalau dikalikan 500 undangan anda sudah bisa hemat Rp. 500.000. sangat lumayan bukan dan bisa menghemat anggaran anda sehingga anda bisa mengalokasikan untuk kebutuhan pernikahan lainnya. Dengan melakukan survey harga undangan pernikahan, anda bukan saja bisa menghemat anggaran pernikahan, tetapi juga bisa mencegah anggaran pernikahan anda agar tidak over budget.

Harga Undangan Pernikahan

Umumnya vendor atau percetakan undangan menentukan harga undangan pernikahan didasarkan pada beberapa hal antara lain sebagai berikut :

Jumlah Pemesanan Undangan

Semakin banyak undangan pernikahan yang akan anda pesan, maka harganya akan semakin murah. Sebab perhitungan biaya cetak offset bukan didasarkan pada jumlah lembarannya, tetapi pada jumlah warna dan plat CTP nya. Orang percetakan sering menyebutnya dengan istilah set. Misal harga satu set untuk desain undangan satu warna harganya Rp. 100.000/1000 lembar. Walaupun anda cetak dibawah 1000 lembar tetap dikenakan Rp.100.000, itulah kenapa jika cetak semakin banyak harga undangan yang didapatkan bisa semakin murah. Range harga tiap vendor berbeda-beda, ada yang 300,500,700 ada yang 500,1000,1500, maksudnya harga pemesanan undangan 500 pcs berbeda dengan harga pemesanan 1000 pcs & 1500 pcs.

Jenis /Model Undangan

Secara umum jenis undangan pernikahan ada 3, yaitu undangan hardcover, undangan softcover dan undangan singlehardcover. Undangan hardcover adalah undangan yang cover nya menggunakan kertas karton sehingga kelihatan tebal dan elegan. Harga undangan hardcover mulai Rp. 5000. Undangan softcover adalah undangan yang covernya tipis, tidak menggunakan karton. Harga undangan softcover mulai Rp. 1500 hingga Rp. 5000. Sedangkan undangan singlehardcover adalah undangan yang hanya menggunakan 1 lembar karton saja. Umumnya undangan single hardcover menggunakan amplop sebagi pembungkus isi undangan. Harga undangan singlehardcover mulai Rp. 4000

Undangan Custom & Undangan Blanko

Undangan custom adalah undangan yang dibuat sendiri dan didesain total dari awal mulai dari lembaran polos hingga finishing produksi. Undangan custom bisa berupa undangan hardcover, softcover maupun singlehardcover. Harga Undangan custom lebih mahal karena dibuat by request pemesan. Jadi desainer / pemesan bisa bebas menentukan desain, bahan dan teknik cetaknya. Sedangkan undangan Blanko adalah undangan yang sudah jadi dan bikinan pabrik. Jadi undangannya sudah jadi dan tinggal mecetak bagian redaksinya saja. Harga Undangan blanko lebih murah dari pada undangan custom karena diproduksi secara masal. Kekurangan undangan blanko adalah desainnya tidak bisa dirubah karena sudah jadi.

WhatsApp WhatsApp us